Minggu, 26 September 2010

masalah datang satu persatu

Ya ALLAH.....
hidup kok ya susah....penuh dengan masalah yang silih bergabti tanpa henti...penuh dengan ketidakpastian....yang akhirnya membuatku pusing memikirkannya, dan bingung mau ngapain.....

dulu aja waktu sekolah pengen banget ngrasain yang namanya kuliah......giliran udah kuliah aja males pengen balik lagi ke SMA...
hari hari sebagai seorang mahasiswa aku jalanin ternyata semakin hari semakin bikin aku tambah pusing....tugas semakin banyak....satu kelar eh nambah satu lagi dan seterusnya ketika tak ada lagi tugas menghampiri rasanya sepi beda aja gitu sama hari hari yang lain....

ketika tahun demi tahun berganti dan akhirnya aku berada di tahun terakhir kuliah rasanya aku pengen balik lagi ke masa masa semester satu yang selalu bareng bareng sama temen temen yag lain...

tingkat 3 atau tahun terakhir aku kuliah, aku di hadapkan dengan KARYA TULIS ILMIAH (KTI) yang sempet membuatku stressss.....
saat pengajuan judul aku bingung mau ambil yang mana setiap judul yang aku ajuin pasti di tolak, stres, pusing pastilah itu, dan ketika pada akhirnya judulku di terima rasanya seneng banget tapi ternyata ini adalah awal dari semuanya....
judul di terima ternyata masalah yang lain dateng, aku di pusingkan dengan pembuatan proposal KTI, revisi, revisi dan revisi lagi sepertinya saat itu aku akrab banget sama yang namanya revisi....hampir putus asa tapi aku kudu semangat....kata revisi nggak akan ngalahin aku....hampir 3 bulan aku bikin proposal akhirnya selesai rasanya seneng banget tapi nggak hidup kalo nggak ada masalah....ujian proposal KTI yang ternyata evaluatorku adalah DPA q yang terkenal susah nglulusin...pasrah, mungkin itu kata yang cocok buat aku....mau apalagi aku nggak bisa berbuat apa apa....
Ujian proposal aku hanya berbekal kata pasrah, apapun yang terjadi terjadilah mungkin itu yang terbaik buat aku....ujian berlangsung, dan entah kenapa setelah aku ujian aku rasanya pengen nangis aja...
lolos proposal aku mulai di pusingkan dengan pengajuan surat penelitian di tempat aku penelitian...surat selesai aku pusing dengan penelitian aku, penelitian selesai mulai dah aku pusing dengan data data segambreng yang aku bingung mau aku apa'in ni data, apa lagi di tambah SPSS yang melengkapi penderitaanku....udah kelar tu data aku bingung lagi bikin KTI, aduh aduh kok kayanya nggak selesai selesai ya ni KTI, rasanya pengen langsung aja WISUDA ga usah pake KTI, UAP, POA, nyebelin banget....
KTI selesai ternyata nggak nyampe situ aja ya penderitaanku masih ada UAP dan POA yang siap menyambut aku...aduh rasanya pengen banget aku pergi...
UAP ku jalanin tapi ternyata kegagalan yang aku dapat....kecewa itu pasti, nangis apa lagi...tiap hari aku jananin dengan rasa bersalah terhadap orang tua, tiap hari aku nangis di kamar, walaupun kalo di depan ortu aku nggak pernah nangis, sampai sampai aku pernah berpikir buat B***H D**I....sampai pada saatnya pengumuman aku nggak ngasih tau ortu karena takut ngecewain...pasrah, terima apapun hasilnya dengan lapang dada, dan yang pasti apapun yang terjadi saat itu mungkin yang terbaik untukku dan pasti ALLAH punya rencana yang lebih indah untukku, masuk ruangan dengan sekuat tenaga pasrah mendengar apapun keputusan yang dibacakan penguji "LULUS" aku masih nggak percaya tapi tenyata itulah keputusannya....tenyata inilah rencana indah yang ALLAH berikan untukku setelah usaha aku selama 3 tahun kuliah di JKG...

dan SEKARANG setelah aku wisuda, nyatanya nggak sebahagia itu, dan aku baru sadar inilah titik dimana aku takutin sejak dulu...titik dimana aku harus memulai hidup aku yang sesungguhnya....membangun hidup aku sendiri tanpa harus lagi menompang kedua orang tua....itu yang aku pikirin Apakah aku sanggup membangun itu semua????
yah inilah namanya hidup penuh dengan masalah, satu persatu masalah silih berganti tanpa ada hentinya...tinggal bagaimana kita menyikapi setiap masalah yang datang kepada kita....mau susah mau seneng itu semua sebenernya masalah.....
yang penting kita harus semangat menghadapi setiap masalah yang kita hadapi....

0 komentar:

Posting Komentar